Berita
Sosialisasi Peraturan Kepegawaian Tahun 2016 PDF Print E-mail
Written by Abdul Wahid   
Thursday, 22 September 2016 13:44

SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN BIDANG KEPEGAWAIAN TAHUN 2016

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Assisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Sekda, Herlien Tedjo Oetami, SH., mewakili Walikota Tegal yang berhalangan hadir karena ada acara di luar kota. Acara ini dihadiri oleh seluruh Pimpinan SKPD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal. Narasumber berasal dari BKN Pusat yang akan memberikan materi Perka BKN Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pedoman Kriteria Penetapan Kecelakaan Kerja, Cacat dan Penyakit Akibat Kerja serta Kriteria Penetapan Tewas Bagi Pegawai ASN dan dari PT. Taspen yang memberikan materi tentang Prosedur Pengajuaan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian bagi ASN. Materi Sosialisasi bisa download disini.

Last Updated on Friday, 23 September 2016 08:31
 
Aturan Cuti dan Pensiun PDF Print E-mail
Written by Abdul Wahid   
Wednesday, 07 September 2016 16:02

MEKANISME PENGAJUAN CUTI

  • Semua pengurusan izin cuti diproses melalui BKD kecuali cuti tahunan.
  • Syarat yang harus dilampirkan dalam pengajuan cuti ke BKD :

- Surat pengantar dari Kepala SKPD
- Surat permintaan cuti sesuai format dalam SE Kepala BAKN Nomor 01/SE/1977
- Lampiran pendukung sesuai dengan jenis cuti yang diajukan.

CUTI TAHUNAN

  • Syarat : telah bekerja sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun secara terus-menerus
  • Hak cuti tahunan adalah 12 (dua belas) hari kerja dikurangi jumlah cuti bersama
  • Cuti tahunan dikeluarkan oleh SKPD masing-masing kecuali cuti tahunan bagi Kepala SKPD diproses melalui BKD
  • Tembusan cuti tahunan dikirimkan ke BKD

CUTI BESAR

  • Syarat : telah bekerja sekurang-kurangnya selama 6 (enam) tahun secara terus-menerus TMT CPNS atau setiap 6 (enam) tahun terhitung sejak pengambilan cuti besar terakhir.
  • Cuti besar dapat digunakan untuk memenuhi kewajiban agama, seperti menunaikan ibadah haji.
  • Hak cuti besar paling lama 3 (tiga) bulan termasuk cuti tahunan dalam tahun yang bersangkutan.
  • Selama menjalankan cuti besar, tidak berhak atas tunjangan jabatan
  • Lampiran pengajuan cuti besar : fotocopy SK CPNS, Fotocopy SK kenaikan pangkat terakhir dan Surat Keterangan pendukung alasan pengajuan cuti besar, misalnya Surat Keterangan dari Kemenag/Biro Perjalanan Haji/Umroh untuk ibadah haji/umroh

CUTI SAKIT

  • Digunakan untuk PNS yang sakit lebih dari 2 (dua) hari. Untuk PNS yang sakit 1 (satu) atau 2 (dua) hari cukup menyampaikan ijin tertulis kepada atasannya.
  • Lampiran pengajuan cuti sakit :

- Surat Keterangan dokter pemerintah atau swasta untuk cuti sakit 2 (dua) sampai dengan 14 (empat belas) hari

- Surat Keterangan dokter pemerintah untuk cuti sakit lebih dari 14 (empat belas) hari

  • Cuti sakit diberikan paling lama 1 (satu) tahun dan dapat ditambah paling lama 6 (enam) bulan apabila dipandang perlu berdasarkan Surat Keterangan dokter pemerintah.
  • PNS yang telah menderita sakit selama 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan dan belum sembuh dari penyakitnya harus diuji kembali kesehatannya oleh Tim Penguji Kesehatan Pemerintah.
  • PNS wanita yang mengalami gugur kandungan berhak atas cuti sakit paling lama 1,5  (satu setengah) bulan
  • PNS yang mengalami kecelakaan dalam dan oleh karena menjalankan tugas kewajibannya yang mengakibatkan PNS tersebut perlu mendapat perawatan, berhak atas cuti sakit sampai ia sembuh dari penyakitnya.

CUTI BERSALIN

  • Digunakan untuk persalinan pertama, kedua dan ketiga sejak yang bersangkutan menjadi CPNS.
  • Untuk persalinan keempat dan seterusnya menggunakan cuti di luar tanggungan negara atau menggunakan cuti besar apabila masih memiliki hak cuti besar.
  • Hak cuti bersalin adalah 1 (satu) bulan sebelum dan 2 (dua) bulan sesudah persalinan.
  • Lampiran pengajuan cuti bersalin : fotocopy SK CPNS, fotocopy KK dan asli Surat Keterangan dari dokter/bidan.

CUTI KARENA ALASAN PENTING

  • Digunakan untuk cuti karena alasan :

- ada keluarga dekat (bapak, ibu, isteri/suami, anak, adik, kakak, mertua/menantu) yang sakit keras atau meninggal dunia

- mengurus hak-hak dari anggota keluarga dekat yang meninggal dunia

- melangsungkan perkawinan yang pertama

  • Hak cuti karena alasan penting paling lama 2 (dua) bulan
  • Lampiran pengajuan cuti karena alasan penting : fotocopy KK dan Surat Keterangan pendukung disesuaikan dengan alasan pengajuan cutinya, misalnya asli Surat Keterangan dokter dari rumah sakit untuk cuti karena ada keluarga yang sakit atau fotocopy Surat Kematian untuk cuti karena ada keluarga yang meninggal dunia

CUTI DILUAR TANGGUNGAN NEGARA

  • Syarat : telah bekerja sekurang-kurangnya selama 5 (lima)  tahun secara terus-menerus TMT CPNS
  • Digunakan karena ada alasan-alasan pribadi yang penting dan mendesak, misalnya mengikuti suami yang bertugas di luar negeri, mengurus dan merawat anak dalam masa pemulihan tindakan medis.
  • Hak CLTN paling lama 3 (tiga) tahun dan dapat diperpanjang paling lama 1 (satu) tahun
  • Selama manjalankan CLTN, PNS yang bersangkutan dibebaskan dari jabatannya dan tidak berhak menerima penghasilan dari Negara serta tidak diperhitungkan sebagai masa kerja PNS.
  • Lampiran pengajuan CLTN : Fotocopy SK CPNS, fotocopy SK kenaikan pangkat terakhir, fotocopy SK kenaikan gaji berkala terakhir, fotocopy surat nikah, fotocopy Karpeg dan fotocopy Penilaian Prestasi Kerja terakhir.

 

PENSIUN BUP

  • Syarat-syarat pengajuan pensiun karena telah mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) :
  1. Surat permohonan  pemberhentian sebagai PNS dengan hak pensiun kepada Kepala SKPD;
  2. Surat pengantar permohonan pemberhentian sebagai PNS dengan hak pensiun dari Kepala SKPD kepada Walikota Cq. Kepala BKD ;
  3. Data Perorangan Calon Penerima Pensiun (DPCP) PNS;
  4. Surat Pernyataan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin sedang maupun berat dalam 1 (satu) tahun terakhir;
  5. Fotocopy SK CPNS ;
  6. Fotocopy SK PNS ;
  7. Fotocopy SK Peninjauan Masa Kerja jika ada ;
  8. Fotocopy Karpeg dan Penilaian Prestasi Kerja dua tahun terakhir  ;
  9. Fotocopy SK Menduduki Jabatan, bagi yang menduduki jabatan struktural atau fungsional;
  10. Fotocopy SK Kenaikan Pangkat terakhir dan Kenaikan Gaji Berkala terakhir
  11. Daftar Susunan Keluarga yang dilampiri dengan fotocopy : Surat Nikah, KARIS/KARSU, dan Akta Kelahiran/Surat Kelahiran anak-anak kandung Pegawai yang bersangkutan, yang berusia di bawah 25 tahun dan belum menikah (semua dilegalisir  oleh Pejabat yang berwenang) ;
  12. Bila anak berusia diatas 21 tahun harus dilampirkan Surat Keterangan masih kuliah yang dikeluarkan oleh institusi pendidikan yang bersangkutan;
  13. Daftar Riwayat Pekerjaan;
  14. Fotocopy KTP suami dan istri yang masih berlaku dan disahkan oleh Pejabat yang berwenang;
  15. 7  (tujuh) lembar pas foto terbaru berwarna atau hitam putih tanpa kaca mata ukuran 3 x 4.

PENSIUN MENINGGAL DUNIA

  • Persyaratan sama dengan pensiun BUP ditambah dengan Surat Kematian dan Surat Keterangan ahli waris
  • Ahli waris memperoleh gaji terusan selama 4 bulan

PENSIUN DINI

  • Usia minimal 50 (lima puluh) tahun dan masa kerja minimal 20 (dua puluh) tahun TMT CPNS
  • Persyaratan sama dengan pensiun BUP kecuali untuk PNS Gol. IV/a dan IV/b ada tambahan persyaratan berupa Surat Pernyataan Tidak Pernah Dijatuhi Hukuman Disiplin Tingkat Sedang/Berat dan Surat Pernyataan Tidak Sedang Terlibat Masalah Hukum bermaterai Rp. 6.000,-

BEBAS TUGAS (BT)

  • PNS dapat mengambil bebas tugas dengan masa paling lama 1 (satu) tahun sebelum mencapai BUP
  • Pengajuan bebas tugas selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sebelum TMT bebas tugas yang bersangkutan.
  • PNS yang pensiun dini tidak berhak mengajukan permintaan bebas tugas

PEROLEHAN PENSIUN

  • Cara menghitung gaji pokok pensiun adalah :

Gaji pokok terakhir x masa kerja keseluruhan x 2,5 %

- Maksimal 75% dari gaji pokok terakhir

- Minimal 40% dari gaji pokok terakhir

  • Cara mengetahui perkiraan perolehan hak THT dari Taspen adalah dengan membuka alamat web :

http://e-klim.taspen.com/eklim/estimasi/

Last Updated on Friday, 23 September 2016 08:42
 
Perwal 38 Tahun 2015 - Ubahan II Tugas Belajar PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 02 June 2016 09:16

Perwal 38 Tahun 2015 - Ubahan II Tugas Belajar, Izin Belajar, Surat Keterangan Belajar, Surat Keterangan Penggunaan Gelar dan KPPI dilingkungan Pemkot Tegal download

Last Updated on Thursday, 02 June 2016 09:35
 
PERPANJANGAN MASA PENYESUAIAN/INPASSING JABATAN FUNGSIONAL ANALIS KEUANGAN PUSAT DAN DAERAH PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 19 April 2016 10:32

Berkenaan dengan surat Direktur Jenderal Perimbangan keuangan Nomor: S-154/PK/2016 tanggal 25 Februari 2016 dengan ini kami sampaikan hal-hal berikut:

a. Berdasarkan BAB X angka 7 lampiran peraturan Bersama menteri Keuangan dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 74/PMK.07/2015 dan Nomor 17 Tahun 2015 tentang petunjuk teknis pelaksanaan peraturan menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor.42 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Analis keuangan Pusat dan daerah, antara lain dinyatakan bahwa penyesuaian dalam jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah ditetapkan terhitung mulai tanggal 1 Maret 2015 dan harus selesai ditetapkan paling lambat pada tanggal 28 februari 2016

Selengkapnya bisa download Link berikut ini

Last Updated on Tuesday, 19 April 2016 10:40
 
PERPANJANGAN MASA PENYESUAIAN/INPASSING JABATAN FUNGSIONAL PENGUJI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DAN ANGKA KREDITNYA PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 19 April 2016 10:23

Berkenaan dengan surat Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan No.B.161/SJ/I/2016, Dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

a. Berdasarkan BAB XI angka 10 Lampiran Peraturan Bersama Menteri Ketenagakerjaan dan kepala Badan Kepegawaian Negara No.1 Tahun 2015 dan No.2 Tahun 2015 tentang ketentuan Pelaksanaan Peraturan menteri pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi Nomor 36 Tahun 2014 tentang jabatan Fungsional Penguji Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Angka Kreditnya, antara lain dinyatakan bahwa penyesuaian/inpassing dalam jabatan fungsional Peguji Keselamatan dan kesehatan Kerja dan angka kreditnya ditetapkan paling lambat pada tanggal 31 Januari 2016

untuk lebih lengkapnya bisa download ke link berikut ini

Last Updated on Tuesday, 14 June 2016 09:18
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>

Page 1 of 4
Badan Kepegawaian Daerah Kota Tegal
Jl. Ki Gede Sebayu No 04 Tegal
Telp / Fax : 0283 - 322963
e-mail (office) : bkd.tegalkota@gmail.com
e-mail (admin) : choeys.ars@gmail.com